Aku tidak MENULIS sejarah..tapi kusedang MENGKAJI sejarah..agar kudapat MENGUKIR sejarahku sendiri..

Minggu, 19 September 2010

Sejarah Belawa Part 7

VII. Petta Pallampaa'E

Seorang Raja tanpa mahkota. Namanya tidak tertulis di Lontara' manapun, kecuali pada lembaran suram yang ditulis oleh anak kandungnya sendiri.. namun kiprahnya, menorehkan sejarah abadi di Negeri Belawa....

Tana Tengnga sepeninggal Petta Bombo kini hanyalah merupakan perkampungan kecil di pinggir sungai KarajaE dengan namanya yang baru, yakni : TippuluE dengan  La Sulungkau' Daeng Pagala Datu Lolo TippuluE pangerannya yang tanpa kekuasaan. Kotaraja Belawa telah berpindah ke arah selatan, yakni : Kampung MEngE bersama dengan Arung Belawa yang baru, yakni : We Busa Arung Belawa Petta WaluE. Baginda merupakan "Ratu" pertama yang memerintah Belawa setelah menggantikan kakaknya, yaitu : La Raja Dewa Arung Belawa. Maka habislah keturunan Dynasti La Munri Arung Belawa MammulangngE Petta MatinroE ri Gucinna sebagai "Pewaris Sah" tahta  Arung Belawa, digantikan Trah La SapennE Petta Labattoa Arung Liu Petta Ugi Petta CakkuridiE ri Wajo yang dimulai pada puteranya bernama: La Makkaraka Arung Belawa Petta Ugi.

Namun demikian, TippuluE masih merupakan kawasan yang paling dimuliakan (dituakan) dari 3 kawasan pemukiman para Wija Arung di Belawa, yakni : TippuluE, Gajang ri Tappi dan MacEro. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh : Puekku Andi Patongai Datu Doping Arung Belawa (Datu Bolong), sebagai berikut : Naiyya TippuluE appongenna ArungngE ri Belawa. Siboko-bokoreng Saoraja na sama tappingi Jalampeng. Onrong malebbii nasaba' naoroi eppa Jara' allemmerenna Arung MarajaE ri TellumpoccoE enrengngE Tellu BoccoE. Duanrupami tau ri TippuluE. SEajingkumi na Atakku. (Sesungguhnya TippuluE adalah asal Raja-raja Belawa. Tempat dimana didirikan banyak Saoraja dan Jalampeng. Kawasan yang dimuliakan karena ada 4 Jara' didalamnya, tempat disemayamkannya para Raja-raja Besar dari TellumpoccoE dan Tellu BoccoE. Hanya 2 macam orang di TippuluE, yakni : Kerabatku dan Hambaku...).

 Jara' yang dimaksud baginda, adalah : Jara' LompoE yang terletak di sebelah selatan Lapangan Bola TippuluE. Pada Jara' tersebut telah dimakamkan Raja-raja besar, antara lain :

*. La Mappasiling DatuE Watu Datu Pattojo Petta MatinroE ri Duninna (putera La Kareddu' Arung Sekkanyili' dengan ... Ana'na La WEllo WatampanuaE ri Pammana). Beliau juga adalah suami We Tenri LElEang Petta MatinroE ri SorEang Pajung ri Luwu XXIII/XXV. Dari perkawinan itu, lahirlah : La Mappajanci Datu Soppeng XXVII dan We Tenri Abang DatuE Watu.

*. La SapennE' Petta La Battoa Arung Liu Petta Ugi Petta CakkuridiE ri Wajo (putera Laurenglangi To Sadapotto Arung PEnEki dengan I Saomi Arung Singkang). Baginda memperisterikan I Kati Arung Palippu (puteri La Balloso' Toakkotto Muhammad Ramalang arung PonrE Petta MaddanrengngE ri Bone dengan We Tenri Gau'). Dari perkawinan itu, lahirlah : La Makkaraka Petta Ugi Arung Belawa dan La Olling arung Liu Petta MaddanrengngE ri Bone SullE Ranreng Tuwa Wajo).

*. La Olling (La Rappe) Arug Liu Petta MaddanrengngE ri Bone SullE Ranreng Tuwa Wajo (putera La SapennE' Petta La Battoa Arung Liu Petta Ugi Petta CakkuridiE ri Wajo dengan I Kati Arung Palippu)

La NyEppE' Arung Liu (putera La SapennE' Petta La Battoa Arung Liu Petta Ugi Petta CakkuridiE ri Wajo dengan I Kati Arung Palippu)

*. La Sappo Petta Ugi Arung Belawa Petta Palireng MatinroE ri CempaE (putera La Mappulana Petta Ugi dengan We Bakke Datu Kawerrang).

La Makkaraka Petta Ugi Arung Belawa ( putera (putera La SapennE' Petta La Battoa Arung Liu Petta Ugi Petta CakkuridiE ri Wajo dengan I Kati Arung Palippu)

* I KambeccE' Petta PatolaE ri Wajo  (isteri La Makkaraka Petta Ugi Arung Belawa)

*. La Tokong (La Toto) PettaE PalEkoreng Datu Pammana (putera La Mappulana Petta Ugi  dengan We Yabang Rajeng Matase' Bone)

* La Paranrengi ArungngE Daeng Sijerra (putera La Tokong (La Toto) PettaE PalEkoreng Datu Pammana dengan We Banna Petta Ranreng Tuwa Wajo)


*.  La Tamang Petta Palla'E (putera La Sappo Petta Ugi Arung Belawa Petta Palireng MatinroE ri CempaE dengan We Tenri Balobo Datu Pammana)

La Tompi Wanua Arung BEttEngpola Petta MaddanrengngE ri Wajo MatinroE ri Wajo (putera La Sengngeng Arung BEttEngpola Petta MatinroE ri Salawa'na dengan We Mappangideng Arung Macanang)

We Busa Arung Belawa Petta WaluE (puteri La Makkaraka Petta Ugi Arung Belawa dengan I KambeccE' Petta PatolaE ri Wajo). Beliau adalah isteri  La Tompi Wanua Arung BEttEngpola Petta MaddanrengngE ri Wajo MatinroE ri Wajo

*.  La Pasanrangi Petta PajjawaE (putera La Tamang Petta Palla'E dengan I LEkke' Ana'na Arung Data)

* ArungngE Daeng Maroa Petta CambangngE Bawi Mabbosangna Belawa ( La Paranrengi ArungngE Daeng Sijerra dengan I Tenri Ampareng). Beliau adalah Petta Pangulu Barisi'na Belawa (Panglima Perang Kerajaan Belawa).

*. Andi Batari PettaE Lonra (puteri La TEngko Arung Belawa Alau Petta Manciji'E ri Wajo dengan I REwo ana'na Arung Batu)

*. Andi DollE (putera La TEngko Arung Belawa Alau Petta Manciji'E ri Wajo dengan I Maddanaca)

*. Andi Landeng (putera I Sitti Hawang Datu MakkunraiyyE / saudara kandung La TEngko Arung Belawa Alau Petta Manciji'E ri Wajo dengan La Muhamma' Daeng Tellara'). Beliau adalah suami Andi Batari Petta Lonra.

*. Andi Emmang (putera Andi Landeng dengan Andi Batari Petta Lonra)

*. Serta banyak lagi lainnya yang penulis tidak ketahui....

Sebagai sebuah situs sejarah yang sangat dimuliakan, maka H. Andi Mangkona Arung Matoa Wajo terakhir selama masa pemerintahannya, baginda senantiasa memerintahkan untuk membersihkan (mappa'bEle') Jara' LompoE sekali setahun, yakni menjelang memasuki bulan ramadhan. Suatu hal menarik, adalah : orang-orang yang membersihkanja Jara'E haruslah minimal "Appo Datu" yang memiliki Sitambong (daftar silsilah yang telah disahkan oleh Arung Belawa atau Petta EnnengngE). Sementara yang tidak memenuhi syarat tersebut, hanya diperbolehkan menunggu di luar komplek Jara'E. Penulis pernah menanyakan hal tersebut kepada Ayahanda, "kenapa harus seperti itu, Etta ?". Beliau menjawab : " Mereka yang dikuburkan disitu adalah para Tune' Riabusungi sehingga orang yang kadar darah bangsawannya dianggap kurang (malawi) tidak diperkenankan menginjak diatasnya. Walaupun mereka itu adalah anak keturunannya sekalipun". Itulah sebabnya dimasa sekarang ini tidak banyak orang yang tahu persis nama-nama Raja yang dimakamkan disitu serta letak pusaranya.

Pada tanggal 10 September 2010 baru-baru ini, setelah Sholat Iedul Fitri di Parepare, penulis menyempatkan diri berziarah (mabbunga) ke Jara' LompoE. Terbersit duka yang teramat dalam karena setelah lama tidak berkunjung, maka keadaan Jara' LompoE benar-benar sudah AMBURADUL. Pusara La Tamang Petta Palla'E dan La Sappo Petta Ugi (terletak berdampingan dibawah pohon SIYAPA) ditutupi beton serta tertulis nama yang tertera di Batu Nisannya TERTUKAR (Petta Palla'E disebelah barat dan Petta Ugi disebelah timur). Padahal yang sebenarnya adalah : Petta Palla'E disebelah timur dan Ayahanda beliau disebelah barat. Ini adalah informasi yang autentik dari Alm. Ayahanda disebabkan karena sejak kecil pada masa-masa akhir pemerintahan Arung Matoa Wajo, beliau senantiasa diajak oleh ayahandanya (La Wahide' Daeng Mamiru Petta Pabbicara Ade' Patappulo Wajo) berziarah dan membersihkan Jara' LompoE. Pada sisi lain, secara kekeliruan tersebut dapat dibuktikan menurut Logika Warii sebagaimana yang berlaku pada masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya, bahwa jika seorang anak dikuburkan disamping pusara ayahnya, maka selalunya "anak" berada diposisi sebelah timur. Karena pada posisi itu, jazad akan dibaringkan menghadap kearah barat.

Namun yang paling menyedihkan adalah adanya makam baru yang persis dikuburkan tepat diatas Pusara La Tokong (La Toto) Petta PalEkoreng Datu Pammana. Begitu pula makam Raja-raja besar yang lainnya, sudah IPATOPPOKI dengan makam orang lain yang mungkin mengaku sebagai keturunannya. Selain itu, makam La Paranrengi ArungngE Daeng Sijerra juga dilabeli dengan tulisan bercat merah : Petta Passongko'E. Entah siapa yang melakukannya dan apa tujuannya ?...Namun yang jelas, kesalahan ini adalah kekhilafan kita semua para keturunannya yang kurang perhatian terhadap pelestarian nilai budaya dan sejarah serta kurangnya upaya pelestarian yang tepat dari Pemerintah Kecamatan Belawa. Maka penulis sempat berkeluh kesah dan meratap, ...inilah keterpurukan Belawa pada permukaan sejarah.. Pada makkatanrEang bicarami  bawang na dE'gaga Wariina. Tenna taro pasoroo ri gau'na, tennaita tooni alEEna.. Buta budaya, buta sejarah... yang tersisa adalah keangkuhan semata. (perihal Jara'na TippuluE akan dibahas pada judul lain).

Syahdan, ketika La Sulungkau' Daeng Pagala Datu Lolo TippuluE berdiam dengan penuh penerimaan terhadap situasi dan kondisi yang menjadi realitas politik di Belawa dan Wajo pada masa itu, terjadilah sebuah peristiwa luar biasa di  LonraE (kawasan Gajang ri Tappi). Seekor kerbau bertanduk tunggal tiba-tiba muncul dan berkubang di LonraE. Tidak seorangpun tahu, dari mana asalnya mahluk berwujud kerbau tersebut. Keajaiban mahluk itu adalah selain bertanduk tunggal (terpasang persis di tengah belikatnya), kerbau itu dapat berbicara dalam bahasa bugis sebagaimana manusia. Maka berdatanglah para pemberani dari segala penjuru untuk menangkapnya. Namun tidak seorangpun yang mampu menahan amukan kerbau tersebut.

Perihal itu terdengar di TippuluE. Maka La Sulungkau' Daeng Pagala bertolak ke LonraE dan mencoba menangkap "TEdong ManurungngE" itu. Setelah terjadi duel yang memakan waktu cukup lama, akhirnya La Sulungkau' mampu menekuk lawannya sambil membelenggunya dengan menggunakan rambut beliau yang panjang terurai. Maka takluklah Sang Manurung seraya memohon belas kasihan, "AmasEangnga', Puang. DE'na pakkullEakku mEwaki'..." . Maka bertanyalah baginda, "Tabirittaiyyangnga', niga tu sitongenna idi' ?". "iyya'na LA MALLAKE polE ri Wiring Langi", jawab ManurungngE. "Aga palE sitongeng-tongengna akkatta na engkaki' manurung ri Belawa ?", tanya La Sulungkau' lagi. Singkat cerita, La MallakE mengutarakan maksudnya untuk menyerahkan tanduk tunggalnya pada penguasa TippuluE kiranya dapat dijadikan "wadah" penyimpanan rambut Warani PituE. Selain itu, sebagai kenang-kenangan penaklukan atas dirinya, La MallakE bersumpah dan mentasbihkan bahwa : Sejak saat itu, seluruh kerbau akan senantiasa patuh dan tunduk atas perintah La Sulungkau' Daeng Pagala beserta keturunannya. Namun, La MallakE juga bermohon agar namanya diabadikan pada kawasan itu. Maka La Sulungkau' mengabulkannya dengan merubah nama kawasan Gajang ri Tappi menjadi : MalakkE. Setelah segalanya terlaksana, maka raiblah (mallajang) La MallakE, mairat ke Penciptanya yaitu :  Allah Azza Wajalla.

Setelah kejadian yang luar biasa itu, tanduk La MallakE TEdong ManurungngE ri LonraE dijadikan wadah penyimpanan rambut Warani PituE di MalakkE. Oleh para anak keturunan Warani PituE dibuatkanlah "LangkEa" (Rumah Panggung) tempat penyimpanan regalia peninggalan Warani PituE yang amat dikeramatkan. Pada waktu-waktu tertentu mereka mengadakan ritual MaccEra' dan Mattoana . Ritual pemujaan. itu berlangsung turun temurun hingga kurang lebih 100 tahun kemudian. Pada tahun 1965, sekelompok Pemuda PSII (Partai Syarikat Islam Indonesia) menyerbu dan membakar rumah pemujaan tersebut dengan maksud memusnahkan khurafat dan kemusyrikan. Maka musnahlah tempat penyimpanan regalia itu beserta segenap isinya. Konon, menurut keterangan beberapa saksi mata yang merupakan salahsatu sumber inpormasi tulisan ini, bahwa ketika LangkEa tersebut terbakar, pada wuwungan puncak bangunan terbakar nampaklah sesuatu yang bercahaya menyerupai lidah-lidah petir yang aneh. Wallahualam.

Adapun halnya dengan La Sulungkau', setelah sukses menaklukkan La MallakE maka beliau diberi gelar : Petta Pallampaa'E. Maka benarlah sebagaimana yang disampaikan La MallakE, beliau memiliki kelebihan yang langka. Tiba-tiba saja beliau memiliki ribuan kerbau yang merupakan kerbau liar yang berdatangan dari mana-mana. Kerbau-kerbau itu berdatangan ke TippuluE menyerahkan diri pada Petta Pallampaa'E. Mengingat tempat di komplek Saoraja SappaE  tidak cukup tempat bagi mereka, mereka diperintahkan bermukim di Salo PadangngE. Maka kerbau-kerbau itupun berbaris beriringan menuju Salo PadangngE.

Petta Pallampa'E adalah sebuah mytos sekaligus tokoh legendaris. Konon, beliau memiliki kemampuan memerintahkan pasukan kerbaunya yang berjumlah ribuan itu untuk berperang. La Sulungkau' Petta Pallampaa'E menikah dengan I Tiwajo Ana'na Arung Barukku maka lahirlah : ArungngE Daeng Mattone' yang merupakan penguasa lokal di MalakkE dan Abdul Razak Daeng Malebbi Petta PabbicaraE Belawa (termasuk salah seorang anggota dewan ADE" PATAPPULO, Wajo) serta beberapa putra putrinya yang lain dari isterinya yang lain. Baginda wafat di TippuluE dan dimakamkan disamping ayahnya (La Rumpang Petta Bombo') dengan gelar : La Sulungkau' Daeng Pagala Petta Pallampaa'E Datu Lolo TippuluE Petta MatinroE ri Passiringna. Wallahualam bissawwab.

 Keterangan Gambar :
Berziarah di makam La Sulungkau' Daeng Pagala Petta Pallampaa'E Datu Lolo TippuluE Petta MatinroE ri Passiringna yang berdampingan dengan makam Ayahandanya, La Rumpang DaENg Pasolong Petta Bombo Datu Tana Tengnga.

 Keterangan Gambar :
Sekilas pemandangan di "Jara' LompoE TippuluE". Makam para Raja besar yang dikerubuti dan ditutupi oleh makam baru, sebagaimana halnya pemakaman umum.
 
(bersambung ke Part 8)

12 komentar:

  1. Assalamualaikum....
    Senang bisa membaca risalah sejarah leluhur.
    Jika berkenan, saya ingin bertanya perihal nama Petta Lato Arung Liu. Siapakah nama sesungguhnya beliau. Ibunda ayahanda saya pernah mengisahkan perihal kisah bahwa beliau adalah seorang yang memiliki banyak isteri. Beliau menyerahkan jubah kepada saudaranya yang konon sangat bernafsu dengan tampuk kekuasaan dan sejak itu beliau mundur dari akkarungeng dan menyendiri ke sebuah kampung di wilayah salo tengnga.
    Ayah saya bernama M. Natsir anak dari Ahmad (Salo Tengnga) dan I Pandang binti Paleppang Dg. Palureng. Mungkin saat ini informasi yang saya dapatkan hanya segelintir itu. Kiranya Daengku memiliki info senang rasanya saya dapa mengetahui silsilah dari garis ayah.
    Ibu saya berasal dari Sa'dan-Balusu (Toraja Utara) untuk garis dari sini sangat jelas dan sangat terpeinci.
    Sekedar info, kerabat kami menyimpan peninggalan berupa tombak bernama La Benrangang.

    TAbe'
    Wassalam

    Dian Cahyadi, M.Ds.
    diancahyadi@gmail.com

    BalasHapus
  2. Bp. M. Cahyadi Yth..
    Mohon maaf yg sebesarnya karena baru saja saya membaca komentarnya..
    Perihal Petta Lato' yang memperisteri I RawE petta MajjumbaE dimaksudkan disini adalah PETTA LATO' BIRORO PETTA KAMPIRI (Pammana). Menurut informasi yg saya terima dari ayahanda, bahwa baginda adalah seorang Pengeran yg sangat saleh. Namun nama asli beliau tidak kami ketahui. Baginda memiliki banyak isteri, termasuk diantaranya adalah puteri Arung Tonra, Bone. Itulah mungkin yang menjadi penyebab sehingga baginda banyak-banyak berdiam di Biroro (Wilayah Kahu, Bone, namun akhirnya juga wafat dan dimakamkan di Kampiri.

    Pada Lontara Panguriseng Soppeng, saya pernah menemukan juga nama Petta PajjumbaE yang juga Arung Liu. Insya Allah pada lain kesempatan akan diuraikan untuk Bapak..

    Akhirnya terima kasih sedalam-dalamnya saya haturkan atas perhatiannya, mohon sumbang saran lebih lanjut.. Wassalam.

    BalasHapus
  3. assalamu alaikum wrwb
    taddampengngi atatta puang,saya mau bertanya nazab kakek saya namanya andi makkaraka petta lolo(karaeng lolo)dan bisakah meminta silsilahnya kalau ada

    BalasHapus
  4. Wa Alaikum Salam, ndi'.. Mohon maaf baru sempat balas komentarnya karena kesibukan di pekerjaan terlalu padat akhir2 ini, sehingga baru saja sempat membuka Blog kita bersama ini.. Terima kasih atas perhatiannya terhadap tulisan kita yang sederhana ini.. Iye', Insya Allah akan saya mencari nazab Petta Lolo Andi Makkaraka (Karaeng Lolo). Semoga dapat ditemukan, mengingat nama beliau adalah nama yang terkenal.. Salam hangat, Wassalam.

    BalasHapus
  5. kalau saya tidak salah namanya sebenarnya andi makkaraka pette lolo ballekke

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum wr wb.
    Saya sangat bangga lahir do tippulu setelah membaca sejarahx saya sadar ternyata sejarah yang tertanam di jaraeee bgtu baxk namun saya prihatin melihat jaraeee yang teruris dengan baik lagi

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. assalamualaikum apakah betul ada saudara raja belawa yg hijrah kalimantan timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada..konon Ktx kai sya Dr keturunan Dr Raja belawa.. Nama kai sya yg sya tau peleway sm saudara nya kai Ali. ..

      Hapus
    2. makam kepala rombongan pasukan 40 dari belawa ada di biduk biduk bernama ilada bin puang gala merupakan putra asli belawa di perantauan pasukan 40 tersebut gabungan antara keluarga arung dan keluarga ulama serta pasukannya di bantu dengan kelompok dari tanjung bira dan bara lompo makasasar

      Hapus
  9. assalamu alaikum
    bisakah saya di pertemukan atau diberikan no tlp dengan keturunan putri arung pagala yang perempuan terima kasih

    BalasHapus
  10. Tabe puang,sy ingin bertanya tentang kerajaan Liu (arung Liu),apakah Belawa dan Liu ada hubungan?

    BalasHapus