Aku tidak MENULIS sejarah..tapi kusedang MENGKAJI sejarah..agar kudapat MENGUKIR sejarahku sendiri..

Sabtu, 18 September 2010

Ininnawa (1)

1. Pattula' MasagalaE

Parepare 1988.. ketika itu aku masih sekolah di MAN 158. Aku baru saja ditunjuk Gudep PRAMUKA di sekolah kami untuk mengikuti perkemahan Wirakarya se-Indonesia Timur di Kecamatan Lamasi (Kabupaten Luwu). Jujur, aku sih senang-senang aja, cuma beberapa teman sempat ngingatin. "Ati-ati aja kalau udah di Luwu. Ilmu orang sana itu kuat. Kadang-kadang bisa bikin kepala terbalik kebelakang...", katanya. Sontak aku khawatir juga, mengingat perkemahan itu dijadwalkan berlangsung selama 11 hari. "...asal punya penangkis siih, gak masalah..", kata si teman kibulku tersebut. Tapi masalahnya, aku gak punya apa-apa... boro-boro punya " ilmu anti doti", baca Alfatihah aja tajwidnya udah kaya kaleng diseret di jalan berbatu...

Malam sebelum berangkat ke Luwu, kumendekat pada ayahanda. "Etta, tapagguru mana' pattula' doti..", sergahku tanpa basa-basi. Beliau mengangkat muka dari halaman majalah Panjimas yang ditekurinya sejak tadi. "Alako mai polopEng sibawa karetasa', nak..", sahutnya singkat. Kubergegas ke kamar mandi mengambil air wudlu. Pernah kudengar bahwa jika menerima suatu ilmu gaib (makkanrE guru), sebaiknya dalam keadaan suci. Apalagi, dengar-dengar dulu ayahandaku adalah bekas ajudan Kahar Muzakkar di Baraka'. Waah, pasti aku akan diwariskan ilmu yang hebat, pikirku.

Maka kududuk bersila dengan takzim dihadapan beliau. Songkok hitam kupasang di kepala dengan rapinya. Pulpen kupegang erat-erat standby diatas lembaran buku memo bagai wartawan Ibukota sedang mewawancarai Pak Gubernur. "dengarlah dan simak baik-baik. Tulislah dengan tulisan paling indah yang bisa kau buat untuk ilmu ini...", ujarnya dengan irama lambat-lambat. "NarEkko mupakEi iyE paddissengengngE, na nakennamopako abalaa, aja'na mumakkutana. Nasaba' pura totoomu manitu polE ri Puang Allahu Ta'ala lao ri alEmu, nalinrungi dEcEng ri monrinna ritu....". Berdebar-debar jantungku, waah... Ilmu ini pasti akan membuatku sakti.

PadEcEngini okiina, Laoddang.. !
Aniniiri 2, mupoadai 1, mupogau'i 1, muingerrangngi 2, muallupai 2 mulolang ri tengngana padammu rupa tau.
1. Aja' mucellai pojinna tauwwE...
2. Aja' murEkEngngi appunnanna tauwwE...
3. Poadai anu sitinaja weddingngE napurio tauwwE...
4. Pogau'i gau' sitinaja weddingngE napudEcEng tauwwE...
5. Ingngerrangngi pappEdEcEngna tauwwE lao ri idi'...
6. Ingngerrangngi asalammu lao ri tauwwE...
7. Allupaiwi pappEdEcEngmu lao ri tauwwE...
8. Allupaiwi asalangna tauwwE lao ri idi'...
Nainappa mupaddeppE alEmu ri Puang Allahu Ta'ala, muwEllauwi pabbirittana tongeng-tongengngE mabbola ri lanro alEmu. IyanaE riyaseng pakEang salama', salama lao ri idi' paimeng lao ripadatta rupa tau.

"...jaji agana palE' baca-bacana, Etta ?", tanyaku dengan perasaan gamang plus sedikit kecewa. "masa cuma begitu doang ?", protesku dalam hati. Beliau memandangiku dalam-dalam seraya tersenyum. " IyyE paddissengengngE, tania baca. NaEkiya iyyanaE toddo' pulii temmalara'na Tau dEcEngngE."...
......................................................................................................................
Entahlah, apakah aku berprilaku sesuai dengan petuah rumit itu. Namun, Alhamdulillah Perkemahan Wirakarya di Kabupaten Luwu kulalui dengan baik beserta banyak kenangan yang menggembirakan. Lalu bagaimana dengan ilmu tersebut ? ... sampai saat ini, aku merasa bahwa inilah ilmu tersulit. Jangankan menjalankan 8 poin, bahkan menjabarkannya sampai pada poin 3 aja aku belum selesai-selesai hingga kini.

"Aja' mucellai pojinna tauwwE..." (jangan mencela hobby orang lain). Jika salah seorang teman ketagihan berjudi, apakah mesti dicela ?. " Jama-jamang SALAH manengjE' itu ! dE'siseng-siseng gaga tujunna. Tonroi mutaro ota'mu, La Bengngo ?!". Apakah tidak lebih baik jika, seperti berikut : "TabE', tEga pada narEkko tollao Parepare matu' ? TollEppang toona ribolana Oddang, nasibawakki' lao MACCAKAR ri SEnggol. Engkatoo garE cEwE' maElo napasissengengki'. Jaji narEkko weddingngi, aja'na jolo tappasang nomoro iyyE sisengngE, OkE ?"...

Sesungguhnya "mencela" dan "mengingatkan" (mapparingerrang/mappakainge') sangatlah jauh berbeda. Mencela hanyalah menghasilkan ketersinggungan yang akan berakhir pada permusuhan dalam hubungan sosial. Sementara "mengingatkan" senantiasa diiringi sikap "santun" dan "tenggang rasa". Peringatan dalam hal ini dimaksudkan tanpa tanda seru (!). Melainkan selalu teraplikasi pada kehalusan tata bahasa yang mencerminkan pribudi yang halus pula. Sebagaimana Dr. Dale Carnagie mengatakan : "Tidak ada seorang manusiapun dari masa ke masa di dunia ini yang SUKA DIPERSALAHKAN, termasuk Adolf Hitler dan Kaisar Nero sekalipun" (How to enjoy in your Job and your Life, Gramedia, Jakarta-1985). Maka mengingatkan dengan cara yang santun adalah suatu tindakan cerdas.


AwwEE, nappai sEddi. Gangkannami jolo' iyyE uwisseng, pada idi' manengpa sining to malebbiku paggenne'i... Wallahualam bissawwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar